Berkunjung ke Aceh Jangan Lupa Santap Makanan Khasnya Berikut ini


Berbicara tentang Aceh, tentu kita akan teringat akan adat dan seni tari yang snagat indah, yakni tari Saman. Tari ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga mampu membuat banyak orang ingin mempelajarinya. Bahkan, tari Saman juga sering ditampilkan dalam acara berbagai acara nasional maupun internasional.
Selain tari adat yang sangat indah, Aceh juga memiliki makanan khas yang terkenal akan kelezatannya, loh. Oleh karenanya, saat Anda berkunjung ke Aceh, jangan lupa untuk mencicipi makanan khas kota yang dijuluki sebagai Serambi Mekah ini.
Apa saja makanan khas Aceh tersebut? Berikut adalah 3 jenis makanan khas Aceh yang wajib Anda coba, diantaranya:

Jamuah Keumamah

keumamah
Photo: infokuliner.com

Makanan khas Aceh pertama yang wajib Anda coba adalah jemuah keumamah. Jemuah keumamah merupakan masakan yang berasal dari olahan ikan. Makanan ini juga disebut sebagai ikan kayu yang biasanya dikonsumsi sebagai lauk pauk pendamping nasi. Jemuah keumamah bisa dijadikan sebagai lauk pauk yang praktis dan tahan lama. Untuk urusan rasa, makanan yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Sekali makan, bisa bikin nagih!

Mie Aceh

mie aceh
Photo: craftlog.com

Masakan khas Aceh selanjutnya yang wajib Anda coba adalah mie Aceh. Mie Aceh cukup terkenal di kalangan masyarakat. Sesuai namanya, masakan ini terbuat dari bahan dasar mie kuning yang diolah dengan bumbu khas. Biasanya, ditambahi daging sapi atau daging kambing atau kepiting. Mie Aceh memiliki cita rasa pedas sehingga cocok disantap bagi Anda pencinta makanan pedas. Jadi, saat berkunjung ke Aceh, jangan lupa menyantap Mie Aceh, ya!

Kue Timpan

kue timpan aceh
Photo: daftarmenumasakan.web.id

Selain makanan berat, Aceh juga memiliki kudapan khas yang tak kalah lezatnya. Salah satu kudapan khas Aceh yang banyai digemari adalah kue timpan. Kue ini sejenis Nagasari yang terbuat dari bahan dasar tepung dan pisang. Cara membuatnya cukup mudah, yakni tepung dipanaskan dengan air, lalu ditambahi gula dan santan. Kemudian, aduk hingga matang. Setelah itu, bungkus adonan dan pisang menggunakan daun pisang. Makanan ini sangat nikmat jika disantap dengan teh hangat di pagi hari.
Nah, itulah beberapa jenis makanan khas Aceh yang wajib Anda coba jika berkunjung ke sana. Selamat mencoba, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel